05/08/20

Membedah Buku: Mengapa Saya Keluar dari Syiah? (1)

 image
Pendahuluan
Perbedaan adalah rahmat Allah swt dan dinamika yang berkembang di dalam tradisi intelektual Islam dari zaman klasik hingga abad modern saat ini. Tapi terkadang perbedaan menjadi bencana di tangan manusia-manusia yang tidak bertanggungjawab. Padahal Islam mengajarkan untuk menebarkan kedamaian baik dengan lisan maupun tulisan, dan tentu saja dengan tindakan. Bahkan Tuhan berpesan, "Janganlah kebencianmu pada suatu kaum membuat kamu berlaku tidak adil"...dan juga "janganlah kamu menghina suatu kaum karena boleh jadi mereka lebih baik dari kamu."
Namun, Falsafah Islam yang berkeadilan dan falsafah Indonesia yang menghargai kebhinekaan telah tercemari dengan berbagai tindakan atas nama agama. Gerakan islam yang mengandung kekerasan, Konflik keagamaan yang berujung peperangan, terorisme, dan saling menyesatkan telah menjadi konsumsi publik yang membahayakan. Setiap insan berinovatif bukan untuk membangun hal-hal yang positif, tetapi cenderung negatif dan destruktif.
Teman saya yang memiliki semangat keislaman yang tidak diragukan lagi berteriak, "Tugas kita adalah menegakkan izzah Islam, agar semua orang tunduk kepada Tuhan, dan orang-orang yang menyimpang harus diluruskan". Tapi teman saya yang satu lagi dengan lemah berkomentar, "mengapa agama yang diturunkan untuk menebar kasih sayang, tetapi malah menyebar kebencian? Saya berkata pula menimpali, "pendapat kamu berdua disatukan dengan terbitnya buku ini, "Mengapa Saya Keluar dari Syiah?" kok bisa begitu?, tanya mereka. 
Dengan singkat saya menjawab, karena si penulis ingin meluruskan orang-orang sesat seperti keinginanmu (teman pertama), tetapi sekaligus menebar kebencian seperti pendapatmu (kepada teman yang kedua). 
Kehadiran buku ini memberikan beberapa hal penting. Pertama, Pada tahap tertentu buku ini menjelaskan pemikiran-pemikiran mazhab syiah, hanya saja, daripada membahas secara ilmiah, buku ini secara sengaja mengumpulkan sisi-sisi negatif mazhab syiah.
Kedua, buku ini pada tahap tertentu telah menciptakan sentimen kemazhaban dari kedua belah pihak (sunni dan syiah) yang dapat merusak persatuan kaum muslimin dalam bingkai berbeda-beda, tetapi tetap satu juga.
Ketiga, terkait dengan hal yang kedua, buku ini meningkatkan ketegangan hubungan antar umat seagama yang seharusnya dipupuk terlebih disaat Islam dipojokkan dengan beragam isu konflik yang berdampak internasional seperti isu terorisme. 
Meskipun begitu, pertama, buku ini juga telah menjadi iklan gratis bagi mazhab syiah, sehingga bagi pengkaji yang objektif terpancing untuk memahami mazhab syiah dari sumber-sumber yang kredibel. selain itu, kedua, buku ini mengingatkan orang syiah –dan pada tahap tertentu juga orang-orang sunni— untuk lebih waspada karena masih ada sisa-sisa penghalang bagi pendekatan antar mazhab dan persatuan kekuatan kaum muslimin. 
Ketiga, buku inimenjadi contoh bahwa terkadang penerbit buku tidak mengindahkan keilmiahan dan dampak sosial religius dalam penerbitan buku, tetapi lebih pada keuntungan. Tetapi sebagai sebuah sikap ilmiah saya berusaha untuk sabar dalam membaca dan tentunya menganalisis setiap katanya, utuk mendapatkan misi dan visi pengarangnya. Untuk itu, saya akan tuliskan beberapa hal penting untuk kita dapat mengenal isi buku dan pengarangnya. (bersambung) 
[Candiki Repantu, Cendekiawan Muslim dari Medan]