09/07/22

Ritualisme

Ibrahim berasal dari Australia. Ia berganti nama, tempat tinggal, dan agama. Ia memilih tinggal di daerah Bandung Utara. Para tetangganya, yang rumah-rumahnya berjejer di pinggir jalan besar, berasal dari kelompok sosial ekonomi tinggi. Hampir semuanya Muslim dan haji, Sebagian dari mereka sudah umrah berkali-kali. Di belakang rumah gedongan itu, ada perkampungan kumuh. Di situ, ada seorang janda yang membuka rumahnya yang kecil untuk pengajian anak-anak. Setiap usai Maghrib, anak-anak tidak mampu mengaji dengan memperebutkan Al-Quran yang jilidnya sudah sobek.

08/07/22

Shalat Idul Fitri dan Idul Adha berdasarkan ajaran Islam mazhab Ahlulbait

Shalat Idul Fitri dan Idul Adha dilakukan setahun sekali secara berjamaah di lapangan maupun di masjid, baik itu Muslim Syiah maupun Sunni. Dengan waktu pelaksanaan biasanya pagi hari.  

Sekadar berbagi, berikut ini tuntunan shalat Idul Fitri dan Idul Adha berdasarkan ajaran Islam mazhab Ahlulbait (Syiah Imamiyyah). 

Dalam buku Fiqih Imam Jafar Shadiq karya Muhammad Jawad Mughniyah (terbitan Lentera, 2004, halaman 250-252) disebutkan:

07/07/22

Kurban Kolektif [by Miftah F. Rakhmat]

 

Sebentar lagi, kaum Muslimin akan memperingati Hari Raya Kurban, Idul Adha. Pada musim-musim ketika kambing dan sapi ramai diperdagangkan, pada saat yang sama ramai juga beredar hadis-hadis tentang keutamaan berkurban. Sebagian muballigh menyampaikan bahwa binatang ternak yang kita kurbankan akan membantu kita dalam menyeberangi shirath di hari akhir nanti.

06/07/22

Keberagamaan Yang Tulus, Keberagamaan Sejati

Dalam Kitab Matsnawi, Jalaluddin Rumi bercerita: Dahulu, ada seorang muadzin bersuara jelek di sebuah negeri kafir. Ia memanggil orang untuk shalat. Banyak orang memberi nasihat kepadanya: Janganlah kamu memanggil orang untuk shalat. Kita tinggal di negeri yang mayoritas bukan beragama Islam. Bukan tidak mungkin suara kamu akan menyebabkan terjadinya kerusuhan dan pertengkaran antara kita dengan orang-orang kafir. Tetapi muadzin itu menolak nasihat banyak orang. Ia merasa bahagia dengan melantunkan adzannya yang tidak bagus itu di negeri orang kafir. Ia merasa mendapat kehormatan untuk memanggil shalat di satu negeri di mana orang tak pernah shalat.

05/07/22

Sekilas Perjalanan IJABI

Mukaddimah 

Perjalanan sejarah nusantara hingga republik kita hari ini ditandai dengan berbagai unsur kebudayaan yang berinteraksi dengan paham keagamaan yang masuk. Salah satu yang menonjol dan sering menimbulkan banyak perdebatan adalah tradisi masyarakat di nusantara dalam sejarah Islam awal di nusantara. Sehingga polemik sejarah itu tak kunjung usai antara fakta dan mitos. Dalam konteks sejarah perkembangan gerakan ahlulbait atau lebih spesifik paham keagamaan syi'ah di Nusantara, kita mendengar dan membaca ada kesan yang tidak tuntas. Tidak sedikit yang mendukung analisis bahwa perkembangan Islam di Indonesia pada awalnya adalah dipelopori oleh Islam syiah, tetapi terdapat juga pandangan yang melihat adanya hipotesis tersebut oleh karena merunut pada kesamaan tradisi saja tanpa memiliki signifikansi dengan kerangka teologi dan ideologi politik syi'ah. 

04/07/22

Salman Al-Farisi: Ana ibnul Islam

Alkisah ada seorang budak dari Persia yang sepanjang hidupnya ia persembahkan untuk mencari kebenaran. Ia meninggalkan agama orang tuanya karena tertarik dengan perilaku seorang Romo Kristiani di daerahnya. Ia kemudian bergabung dengan Romo itu, yang ternyata secara singkat kemudian ia meninggalkan Romo itu dan mencoba mencari Romo-romo yang lain. Dan pada akhirnya, hampir di ujung perjalanannya, ia berkhidmat kepada seorang father/seorang Romo yang mengajarkan kepada dia bahwa orang yang seperti dia ini sudah tidak ada lagi kalau dia meninggal dunia.

03/07/22

Mengenal Islam Mazhab Syiah melalui IJABI

Perlu diketahui tulisan ini pengamatan di komunitas Muslim Syiah di Bandung disertai interaksi langsung dengan tokoh dan ustadz dari ormas IJABI (Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia): Ustadz Miftah Rakhmat, Dr Muhammad Babul Ulum, dan menyimak kajian dari Dr Jalaluddin Rakhmat. Saya mengikuti aktivitas komunitas sejak tahun 2002 hingga sekarang. Untuk apa ikut dalam kajian Syiah? Agar bisa memahami langsung Islam mazhab Syiah dari para penganutnya dan tokoh-tokohnya.