Dalam buku “Rekonstruksi Islam Historis,” saya mendiskusikan secara detail bukti-bukti material berupa manuskript kuno yang menunjukkan preservasi (kodifikasi dan pemeliharaan) al-Qur’an yang terjadi secara sangat awal. Bukti manuskrip kuno juga memperlihatkan teks al-Qur’an telah stabil lebih awal dari hipotesis yang dikemukakan John Wansbrough. Jadi, tesis radikal Wansbrough tidak dapat dipertahankan!
Jadilah engkau orang berilmu, atau orang yang menuntut ilmu, atau orang yang mau mendengarkan ilmu, atau orang yang menyukai ilmu, dan janganlah engkau menjadi orang yang kelima maka kamu akan celaka. (HR Al-Baihaqi)
23/07/22
Al-Quran Ditransmisikan secara Mutawatir?
22/07/22
Sunan Bonang Bertarung dengan Blacak Ngilo
Sunan Bonang begitu murka ketika mendengar santri utusannya di penggal lehernya oleh Blacak Ngilo. Ini kisah Sunan Bonang yang bertarung dengan seorang pendekar sakti mandraguna yang menghabiskan waktu hingga tujuh hari tujuh malam ini terdapat dalam buku sejarah Sunan Bonang Wali Keramat.
21/07/22
Hadis Palsu tentang Siksaan buat Perempuan yang Kelihatan Rambutnya
Banyak beredar kisah yang diriwayatkan sebagai berikut:
20/07/22
Kristen dan Abbasiyah
Keterlibatan Kristen dalam pemerintahan Abbasiyah sudah ditulis oleh banyak sarjana, baik dalam bahasa Arab ataupun Inggris. Misalnya, Suhail Qasya menulis buku berjudul “al-masihiyyun fi al-dawlah al-Islamiyah” (2002) atau buku A.S. Tritton berjudul “The Caliphs and Their non-Muslim Subjects” (1970).
19/07/22
Partisipasi Kristen dalam Diskursus Hukum
Artikel “The public role of dhimmis during ‘Abbasid times” dimulai dengan perbincangan soal kepemimpinan non-Muslim sebagai wazir dalam diskursus fikih. Saya mendiskusikan perdebatan fikih itu untuk menunjukkan bahwa, dalam banyak hal dan ini salah satu contohnya, diskusi fikih adalah satu hal dan kenyataan historis adalah hal lain. Poin ini akan menjadi jelas di bagian akhir tulisan ini.
18/07/22
Muawiyah dan Kristen
Dalam tulisan pengantar terkait partisipasi Kristen dalam sejarah Islam awal, saya mengatakan pernah menulis sebuah artikel mendiskusikan peran politik kalangan non-Muslim, terutama Kristen dan Yahudi, dalam pemerintahan Abbasiyah. Artikel itu akan saya ulas dalam tulisan lain.
Umar I dan Kristen
Dalam tulisan seri ke-10, saya menyebut selintas bentuk-bentuk persekusi dan diskriminasi yang dialami non-Muslim, termasuk dan terutama Kristen, yang direkam dalam sumber-sumber Muslim awal. Juga, dalam seri ke-8, diberikan contoh bagaimana khalifah Umar bin Khattab melarang Sahabat Abu Musa al-Asy’ari mengangkat seorang Kristen sebagai sekretarisnya.
17/07/22
Hubungan Agama Negara
Dalam tulisan berseri ini, walaupun masih akan berlanjut, kita sudah dalam posisi bagus untuk berefleksi perihal apa yang bisa dipelajari dari keterlibatan non-Muslim, terutama Kristen, dalam sejarah pemerintahan Islam awal. Tentu saja refleksi tipis-tipis ini dapat dikembangkan sesuai sudut pandang atau perspektif kita masing-masing.