09/03/23

Kita semua Taqlid

Dalam sebuah obrolan di masjid setelah salat magrib, seorang bapak jelang 60 an tahun membuka perbincangan.

"Saya belajar Islam dari guru saya. Saya ikut apa kata guru. Saya tidak tahu apa dalil-dalilnya. Tetapi saya yakin guru saya tidak mengajari saya keburukan apalagi kesesatan. Dengan ilmu yang saya dapatkan dari guru itulah saya mengamalkan Islam: shalat, puasa, bershalawat dan berdzikir, bertutur baik, beramal saleh dan lainnya. Nah, bagaimanakah cara berislam seperti saya ini?"

08/03/23

Tanda Seseorang Disebut Mukmin

Apakah ada tanda mukmin dari khazanah hadis Ahlulbait? 

DARI Imam Hasan Al-Askari as, imam Syiah ke-11 yang juga keturunan Rasulullah saw, bahwa ada lima tanda seorang mukmin. Pertama, melaksanakan shalat yang lima puluh satu; 17 rakaat shalat fardhu (wajib) dan 34 shalat nawafil (sunnah). Kedua, ziarah arbain (hari keempat puluh wafatnya Imam Husain, setiap tanggal 20 Shafar). Ketiga, mengenakan cincin pada jari tangan kanan. Keempat, sujud pada tanah. Kelima, menzaharkan “bismillahirrahmanirrahim” pada setiap baca surah fatihah dalam shalat. Hadis ini terdapat dalam kitab Tahdzib wa Mishbah.

07/03/23

Apa itu Taqiyyah?

Taqiyyah berarti penjagaan. Dikatakan: seseorang  ‘ittaqa syaian’ apabila dia menjadikan sesuatu sebagai penutup yang menjaganya dari bahaya. Taqiyyah  juga didefinisikan sebagai berikut: Sesungguhnya taqiyyah adalah penjagaan seseorang atas dirinya dengan menampakkan sesuatu yang berlawanan dengan apa yang ada dalam hatinya.

06/03/23

Membuka Pikiran [by Munim Sirry]

Hampir semua pemikir Muslim yang prihatin dengan keadaan umat Islam saat ini bersepakat bahwa akar masalah di balik semua keterbelakangan ialah matinya atau redupnya pemikiran yang berakibat pada tumpulnya kreativitas. Dulu Cak Nur menyebut umat Islam kehilangan “psychological striking force,” daya dobrak, yang dahulu menjadi motor gemuruh peradaban Islam.

05/03/23

al-Sirr dalam Khazanah Tasawuf

al-Sirr (rahasia) dalam tasawuf bermakna tersingkapnya Keindahan dan Kebesaran Allah hingga mencapai musyahadah (persaksian). Bisa dimaknai bahwa al-Sirr adalah bagian terdalam ruh, sedangkan bagian luar ruh disebut qalbu yang disebutnya “hati”. Dalam literatur sufi bahwa hati yang bersih akan mengetahui rahasia-Nya.