18/09/20

Pendapat Mufti Mesir tentang Syiah


image
 Prof. Dr. 'Ali Jum'ah rahimahullah, ulama besar Al-Azhar Kairo yang menjabat sebagai Mufti Mesir, dalam kitab Al-Bayan Lima Yashgal Al-Adzhan, soal ke-17, halaman 80, menyatakan pendapatnya tentang Syiah, sebagai berikut:

أما بالنسبة للخلاف بين السنة والشيعة، فهناك اختلافات في أمور فرعية، وإن كانت كثيرة، ولكنْ هناك اتجاه للتقريب بين السنة والشيعة، وهم متفقون على أساس العقيدة، فليست الخلافات بيننا في أساس قضية الإله والرسول والكتاب والإيمان بالغيبيات.
والشيعة يعيشون مع السنة منذ قرون عديدة في المملكة العربية السعودية، وبلاد الخليج والعراق واليمن وباكستان، ولا أظن أن الشيعة يعتقدون أن السنة ليسوا مسلمين، ولا السنة بالطبع يعتقدون أن الشيعة ليسوا مسلمين، كما لا نستطيع أن نقول إنه ليس هناك أية اختلافات وإلا فما سبب اختلاف المذهب إن لم يكن هناك اختلافات
والأزهر هو أقدم مؤسسة علمية تدرس العلم منذ أكثر من ألف عام ـ ويعتبر تابعًا للسنة ـ يدرس فيه المذهب الجعفري والزيدي، ويعدهما من المذاهب الفقهية التي يرجع علماء السنة إليها في استخراج الأحكام.
فنحن نعتقد أن الشيعة جزء من أمة الإسلام لا ينفصل عنها، ولا ينفر منها، وإن ظهر غير ذلك فبسبب سوء فهم بعض الجهلة وغير المتخصصين المتعصبين، أما من طالع العلم وتخصص في دراسة العقيدة والواقع؛ فقد علم أن الإسلام ليس السنة فحسب بل يشمل السنة والشيعة وغيرهم من لا يخرجون عن أصول الإسلام وإن اختلفوا في كثير من فروعه، والله تعالى أعلى وأعلم.
Adapun tentang perbedaan antara Sunni dan Syiah, meski banyak perbedaan dalam perkara furu', tetapi terdapat titik temu untuk mendekatkan keduanya yakni mereka bersepakat atas pokok akidah. Perbedaannya bukan pada asas tentang Tuhan, Rasul, kitab, dan iman kepada hal-hal ghaib.
Syi'ah telah hidup bersama Sunni sejak berabad-abad lalu di Kerajaan Saudi Arabia, negara-negara teluk, Irak, Yaman, dan Pakistan. Kami kira Syi'ah pun tidak meyakini Sunni bukan Islam, begitu juga sebaliknya. Ini bukan berarti tidak ada perbedaan di antara mereka. Jika tidak demikian, lalu apa sebab timbul keragaman mazhab jika bukan karena perbedaan.        
Al-Azhar merupakan lembaga ilmiah yang telah mempelajari ilmu selama lebih seribu tahun -dengan mengikuti Sunni- yang juga mempelajari mazhab Ja'fariyyah dan Zaidiyyah serta menganggap keduanya sebagai mazhab fiqih yang dijadikan rujukan ulama Sunni dalam menggali hukum.
Maka kami meyakini bahwa Syi'ah adalah bagian dari umat Islam yang tidak terpisah darinya. Apabila tidak demikian, maka hal itu disebabkan kesalahpahaman sebagian orang-orang jahil yang tak berpendidikan dan fanatik. Adapun mereka yang mempelajari ilmu dan mengikuti studi aqidah dan realitas akan memahami bahwa Islam bukan hanya Sunni, tapi mencakup Sunni, Syi'ah, dan kelompok lain yang tidak keluar dari pokok-pokok agama Islam meski saling berbeda dalam banyak persoalan furu'. Wallahu Ta'ala A'la wa A'lam.
SUMBER 
'Ali Jum'ah, Al-Bayan Lima Yashgal Al-Adzhan, cet. 11 (Kairo: Dar Al-Muqaththam, 2009 M), halaman 80.
(Dikirim oleh Muhammad Bhagas)