12/08/21

Kesyahidan Imam Husain as dalam Shahih Bukhari

 

image

Saya mohon izin untuk menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan syahidnya Al-Husayn dalam hadis dari kitab Ahlussunah atau Sunni. Mudah-mudahan ini menjadi tambahan informasi bagi kita semua dan menumbuhkan saling pengertian di antara kedua mazhab besar dalam Islam.

Syahadah Al-Husayn dalam Shahih Bukhari: Kitab Fadhail al-Shahabat, Bab Manaqib al-Hasan wa al-Husayn Hadis # 3538: dari Anas bin Malik: Dibawa ke Ubaidillah bin Ziyad kepala Al-Husain bin Ali a.s dan diletakkan pada bejana. Ibn Ziyad menusuk-nusuknya dan mengatakan sesuatu (yg buruk) tentang ketampanan wajahnya. Kata Anas: Wajah itu paling mirip Rasulullah saw. Rambutnya dicelup dengan wasmah (bahan pewarna).

Hadis # 3543: Aku mendengar Abdullah bin Umar tentang orang ihram yang membunuh -aku kira, kata Syu’bah- lalat. Ibnu Umar berkata: ahli Iraq mempertanyakan lalat padahal mereka telah membunuh anak dari putri Rasulullah saw. Nabi Muhammad saw bersabda: keduanya--AlHasan dan AlHusayn--wewangianku di dunia.

Saya tidak mencantumkan komentar para ahli hadis, seprti Ibnu Hajar al-Asqalani tentang riwayat di atas. Saya berharap mendapatkan kebesaran hati dari para pengikut Ahli Sunnah untuk membaca hadis-hadis dari para Imam Ahli Sunnah. ***