24/09/20

Hadis tentang Keutamaan Ahlulbait

 image

Hadis tentang keutamaan (fadhail) Ahlulbait as sangat banyak. Namun, dalam kesempatan ini kami sajikan dua hadits yang mutabar sanadnya. Hadis ini kami kutip dari kitab Mu'jam al-Ahadits al-Mu'tabarah karya almarhum Ayatullah Syaikh Asif Muhsini.

Berikut ini hadisnya. Silakan dibaca dan direnungkan isinya:

قال رسول الله (صلى الله عليه وآله): مثل أهل بيتي مثل نجوم السماء، كلما غاب نجم طلع نجم

Rasulullah saw bersabda: Perumpaan Ahlulbaitku seperti bintang-bintang di langit, setiap kali ada bintang yang hilang, akan bersinar bintang yang lain.

Hadits tercantum dalam kitab al-Ghaybah, halaman 155, hadits no.15, Syaikh Muhammad bin Ibrahim al-Nu'mani. Hadits ini mu'tabar menurut Syaikh Asif Muhsini dalam kitab Mu'jam al-Ahadits al-Mu'tabarah, vol.2, halaman 29, hadits no.935.

وبهذا الاسناد قال قال رسول الله " ص " مثل أهل بيتي فيكم كمثل سفينة نوح من ركبها نجا ومن تخلف عنها زج في النار

Rasulullah saw bersabda: Perumpamaan Ahlulbaytku bagi kalian, seperti Bahtera Nuh as. Barang siapa yang menaikinya akan selamat; dan barang siapa yang meninggalkanya akan dilemparkan ke dalam api neraka.

Hadits tercantum dalam kitab Uyun Akbar al-Ridha, vol.2, halaman 30, hadits no. 10, Syaikh al-Shaduq. Hadits ini mu'tabar menurut Syaikh Asif Muhsini dalam kitab Mu'jam al-Ahadits al-Mu'tabarah, vol.2 halaman 38 hadits no 948.

Demikian hadisnya. Semoga bermanfaat dan menjadi hujah yang menguatkan keyakinan Anda tentang mengikuti Ahlulbait. Bagi yang tidak yakin, anggap saja ini hanya informasi. ***

(Dikirim oleh Kamal dalam Whatsapp Group MISYKAT)