16/12/20

Keyakinan Syiah Mengenai Al-Quran

 

image

 

Ayatullah Ja'far al-Hadi menjelaskan dalam kitab al-Haqiqah Kama Hiya halaman 21-22:

ويعتقدون بأن القران الكريم، الذي انزل على رسول الاسلام محمد صلى الله عليه واله بواسطة جبرئيل الأمين، ودونه مجموعة من الصحابة الكبار وفي مقدمتهم علي بن أبي طالب عليه السلام في عهد النبي الكريم محمد صلى الله عليه واله، وتحت إشرافه ورعايته، وبأمره، وإرشاده، وحفظوه عن ظهر قلب، وأتقنوه، وأحصوا حروفه وكلماته، و سوره واياته، وتناقلوه جيلا بعد جيل، هو الذي يتلوه المسلمون اليوم بجميع طوائفهم، اناء الليل وأطراف النهار، من دون زيادة أو نقصان، أو تحريف، أو تغيير

Syiah meyakini bahwa al-Qur'an al-Karim yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril dan disusun oleh sekelompok sahabat senior dan yang mendahului mereka dalam penyusunan itu ialah 'Ali bin Abi Thalib as pada masa Nabi Saw yang mulia.

Di bawah pengawasan, bimbingan dan perintah Nabi Saw, mereka menjaganya dalam hati, mendalaminya dengan baik, menghitung jumlah hurufnya, kalimatnya, surahnya dan ayatnya.

Apa yang disampaikan dari generasi ke generasi itulah al-Qur'an yang sekarang dibaca oleh kaum Muslimin dengan berbagai kelompok, malam dan siang, tanpa tambahan dan pengurangan serta tanpa distorsi.***

Referensi
Syaikh Ja'far Al-Hadi, Al-Haqiqah Kama Hiya, cet. 1 (t.tp.: Markaz Al-Thaba'ah wa Al-Nasyr lil Majma' Al-'Alami li Ahl Al-Bayt as, 1426 H), hlm. 21-22.