03/05/22

Siapa Perantara Wahyu?

Dalam kutipan tentang bagaimana wahyu diturunkan, seperti saya tulis sebelumnya ("Al-Qur'an Kalam Allah dan Perkataan Nabi"), Zarkasyi dan Suyuti menyebut Jibril sebagai perantara. Tiga pandangan yang diriwayatkan dua penulis ulumul Quran itu bersekapat bahwa al-Qur'an diturunkan kepada Nabi melalui perantaraan Jibril.

Perbedaan di antara tiga pandangan itu ialah soal apa yang dibawa Jibril: (1) makna dan lafaz dari Tuhan, (2) makna dari Tuhan dan lafaz dari Nabi, atau (3) makna dari Tuhan dan lafaz dari Jibril. Tiga pandangan ini sudah didiskusikan dalam tulisan terdahulu.

Tapi, darimana kita tahu bahwa Jibril merupakan pembawa wahyu kepada Nabi? Ayat-ayat alquran seputar proses penurunan wahyu lebih kompleks dari yang diriwayatkan Zarkasyi dan Suyuti. Al-Qur'an tidak semata menunjuk Jibril sebagai pembaca wahyu. Tiga ayat al-Qur'an menyebut tiga perantara berbeda.

Dalam surat al-Baqarah, "Jibril" menurunkan wahyu ke dalam hati Muhammad (Q 2:97); dalam surat al-Nahl, "Ruh Kudus" menyampaikan ayat-ayat kepada Nabi (Q 16:102); sementara dalam surat al-Syu’ara’, perantara penurunan wahyu adalah "Ruh Amin" (Q 26:193). 

Maka, cukup masuk akal jika kita bertanya: Apakah ketiga entitas tersebut (Jibril, Ruh Kudus dan Ruh Amin) identik bahkan merujuk pada makhluk yang sama?

Saya akan menjawab pertanyaan ini dalam artikel khusus. Seperti tulisan sebelumnya, artikel akan diterbitkan di portal dan link-nya akan di-share di sini. Sebenarnya, saya ingin merespons pertanyataan seorang kawan Fb tentang bagaimana pandangan ulama-ulama Syi'ah terkait al-Qur'an sebagai kalam Allah dan perkataan Nabi. 

Waktu itu saya jawab, artikel itu akan terlalu panjang jika juga mendiskusikan diskursus teologi Syiah seputar soal itu. Jika ada waktu, saya akan tuliskan artikel untuk merespons pertanyaan itu. Tapi, untuk saat ini, saya akan tulis siapakah pembawa wahyu: Jibril, Ruh Kudus atau Ruh Amin. (Saya juga belum tahu dimana akan dimuat. Ini dipikirkan nanti setelah tulisan selesai. Wong mulai nulis aja belum haha). ***

Munim Sirry